Informasi tentang hubungan asam urat dan kolesterol

Pengaruh Coklat Bagi Penderita Asam Urat

Coklat adalah salah satu bahan makanan yang mengandung antioksidan seperti senyawa fenolic (termasuk asam fenolic, katekin, epikatekin dan proanthocyanidin), polymeric fenolic yang tidak larut dan methylxanthine (seperti kafein, theobromine dan theofilin). Jadi coklat sendiri tidak mengandung purin. Coklat dikaitkan dengan asam urat karena kandungan theobromine yang ada di dalamnya.

Theobromine merupakan jenis xanthine (dalam hal ini methylxanthine) yang ditemukan pada cacao dan mempunyai struktur kimia yang hampir menyerupai kafein. Keunggulan dari xanthine yang terdapat dalam cacao tidak mempunyai kaitan dengan metabolisme purin baik anabolik ataupun kataboliknya pada manusia.

Pengaruh Coklat Terhadap Penyakit Asam Urat 

Oleh sebabitu theobromine yang sering dikhawatirkan sebagai pemicu asam urat karena dalam jalur metabolismenya akan menghasilkan banyak xantin oksidase yang membentuk asam urat dan dikatakan bahwa methylxanthine juga memiliki efek menghambat kerja xantin oksidase sehingga terjadi penghambatan pada proses nukleasi dan pembentukan kristal asam urat. ternyata tidak terjadi jika bersumber dari cacao.

Selain berbagai manfaat yang terkandung didalamnya, ternyata coklat memiliki banyak keuntungan untuk penderita asam urat:
  • Kandungan flavonoid dan procyanidin yang memiliki efek antioksidan dan antiinflamasi yang kuat, sehingga mengurangi nyeri dan rasa sakit yang terjadi pada penderita asam urat (seperti yang ditulis oleh Dr Steven Warren, pada “Flavonoid Research”)
  • Kandungan epicatekin yang merupakan antioksidan kuat juga akan mencegah serangan asam urat yang berikutnya.
Tetapi dari semua keuntungan coklat bagi penderita asam urat yang sebenarnya membuat kekhawatiran mengkonsumsi coklat karena :
  • Coklat sering dikemas dalam bentuk camilan yang tinggi kalori karena sering dalam bentuk coklat susu. Kalori yang tinggi akan membuat seseorang berkembang menjadi lebih gemuk dan gemuk tentunya akan memperburuk kondisi asam urat.
  • Beberapa penelitian juga mengatakan bahwa efek theobromine cacao dalam tubuh juga tergantung dari kadar dan bioavailabitas dari theobromine itu sendiri. Jadi sifatnya sangat individual.
Oleh sebab itu jika penderita asam urat dengan mengkonsumsi coklat dan merasa keluhan nyeri atau kondisi asam urat menjadi lebih parah maka sebaiknya dihindari, walaupun coklat termasuk dalam rendah purin.

Baca Juga :
Obat Tradisional Penyakit Asam Urat dan Kolesterol Tinggi
Khasiat dan Manfaat Daun Sirsak Untuk Asam Urat dan Kolesterol

Artikel Terkait Pengaruh Coklat Bagi Penderita Asam Urat :

Diberdayakan oleh Blogger.