Informasi tentang hubungan asam urat dan kolesterol

Jenis-jenis Kolesterol Yang Wajib Anda Ketahui

Kolesterol adalah substansi lemak berwarna kekuningan yang diproduksi oleh organ hati dan terdapat dalam darah dan sel-sel di seluruuh tubuh. Selain diproduksi oleh hati, kolesterol juga diperoleh dari makanan. Sebenarnya kolesterol mempunyai peran yang cukup penting bagi tubuh, yaitu untuk membangun sel-sel baru agar tubuh tetap berfungsi dengan normal, membantu membentuk sejumlah hormon, membantu produksi vitamin D dan dibutuhkan untuk mencerna lemak dalam asam lemak.


Oleh karena setiap kolesterol memiliki kadar penyusun yang berbeda-beda, sehingga terdapat beberapa jenis kolesetrol, diantaranya:

1. Low-density lipoprotein atau LDL 
Seringkali LDL disebut dengan kolesterol jahat. Karena, LDL memiliki kadar kandungan kolesterol dan lemak yang tinggi juga pekat. Kandungan yang seperti ini dapat menyebabkan menempelnya kolesterol pada dinding-dinding pembuluh darah. Kolesterol yang menempel ini lama kelamaan akan menumpuk dan mengendap serta membentuk plak pada dinding-dinding pembuluh darah. Kondisi ini mengakibatkan penyempitan pembuluh darah atau aterosklerosis yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung atau stroke.

2. High-density lipoprotein atau HDL
HDL lebih dikenal dengan sebutan kolesterol baik. HDL memiliki kandungan protein terbanyak bila dibandingkan dengan kolesterol lainnya. Saat beredar dalam aliran darah, HDL akan menyerap kolesterol berlebih yang dibawa LDL dan membawanya keluar melalui hati untuk diurai kembali. Dengan membawa kelebihan kolesterol yang dibawa LDL, maka HDL membantu mencegah terjadinya pengendapan dan pembentukan plak di pembuluh darah yang bisa mengganggu sistem peredaran darah.

3. Trigeliserida
Trigeliserida dan kolesterol bisa dikatakan berhubungan dekat. Keduanya sama-sama jenis lemak yang ada di dalam tubuh dan mengalir di dalam darah. Hanya saja, fungsi trigeliserida dan kolesterol berbeda. Trigeliserida adalah lemak darah yang dihasilkan dari proses peguraian makanan. Peningkatan kadar trigeliserida dalam darah bisa menyebabkan adanya gangguan kesehatan yang berpusat pada arteri. hal ini terjadi akibat berat badan berlebihan, kurang aktivitas fisik, merokok, mengonsumsi alkohol, dan diet tinggi karbohidrat.

Itulah beberapa jenis kolesterol yang perlu Anda ketahui. Hindari konsumsi makanan yang bisa meningkatkan kolesterol jahat, dan rubah gaya hidup agar lebih sehat.

Baca Juga :
Pengaruh Coklat Bagi Penderita Asam Urat
Khasiat dan Manfaat Daun Sirsak Untuk Asam Urat dan Kolesterol
Obat Tradisional Penyakit Asam Urat dan Kolesterol Tinggi

 

 

Artikel Terkait Jenis-jenis Kolesterol Yang Wajib Anda Ketahui :

Diberdayakan oleh Blogger.